Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kelucuan hewan peliharaan seperti kucing memiliki daya tarik tersendiri. Ini yang menyebabkannya menjadi hewan peliharaan paling dicari dan paling banyak dipelihara dari dulu hingga sekarang. Selain lucu dan menggemaskan kucing juga memiliki manfaat yaitu dapat menurunkan tingkat stress dari pemiliknya, dengan syarat hewan tersebut terlatih berperilaku baik.

Terkadang Kamu pasti kesal dengan kebiasaan hewan peliharaan Kamu yang masih suka membuang kotoran sembarangan terutama pada karpet kesayangan Kamu. Walau sudah dilatih tetap saja hal seperti ini tidak bisa dihindarkan dan noda pada kotoran kucing akan sulit untuk menghilangkannya. Juga kebiasaan dari hewan peliharaan seperti ini dapat meninggalkan bau yang tidak sedap.

Berikut ini cara menghilangkan noda kotoran kucing dari karpet :

1. Buang Kotoran Hewan Sesegera Mungkin

Disaat kamu melihat hewan kotoran membuang kotoran di karpet maka sesegera mungkin untuk dibersihkan tanpa menunggu lama. Karena bila dibiarkan terlalu lama maka akan semakin susah untuk dibersihkan dan ini bisa merusak karpet mu. Bila kotoran berbentuk padat coba gunakan sekop khusus hewan untuk mengambil kotorannya yang bisa Kamu beli di e-commerce. Juga bisa memakai kantong plastik atau sarung tangan plastik sekali pakai untuk mengambilnya, lalu ambil yang baru untuk membuang kotoran yang tersisa tadi.

Apabila kotoran berbentuk encer, sebelum mengambil kotoran itu taruh beberapa lembar karton atau koran untuk mengeruk kotoran dari karpet sebanyak mungkin. Sesegera mungkin untuk dibersihkan jangan menunggu kering terlebih dahulu baru dibersihkan.

2. Posisi Karpet Digantung Dan Bersihkan Dengan Penyemprot Air

Posisikan karpet dengan digantung saat akan dicuci karena ini dapat memudahkan kotoran terbawa oleh air mengalir kebawah. Ini juga memudahkan mu jadi tidak perlu mengangkat karpet yang basah untuk dijemur. Lalu, bilas bagian yang kotor dengan air bersih menggunakan penyemprot air dengan tekanan yang cukup kuat bisa membersihkan sampai ke sela-sela dari karpet.

3. Larutan Cuka Putih

Bila Kamu tidak punya sabun khusus karpet, ada alternatifnya kok Kamu bisa pakai air cuka. Buat larutan cuka putih dan air hangat dengan perbandingan yang sama 1:1 ke dalam mangkuk. Sebelumnya, larutan tadi coba terlebih dahulu di area kecil yang tidak terlalu terlihat untuk menghindari kerusakan permanen atau perubahan warna pada karpet. Jika sudah, baru semprotkan larutan tadi ke bagian yang terkena noda kotoran.

Fungsi dari air cuka itu sendiri adalah efektif untuk melunturkan noda serta bau yang ditimbulkan seperti amoniak. Atau bisa juga diganti cuka dengan sabun cuci piring.

4. Penggunaan Sikat yang Berbulu Halus dan Bilas Lebih Sering

Gunakan sikat gigi bekas atau sikat cucian berbulu halus agar tidak merusak bahan untuk mempermudah mengangkat kotoran yang masih terselip di serat-serat karpet. Lakukan beberapa kali untuk memastikan bahwa kotoran tersebut benar-benar sudah hilang. Setelah itu bilas. Usahakan untuk lebih sering dibilas dengan air mengalir sampai ke sudut-sudut jahitannya agar tidak ada kotoran yang terkumpul.

5. Keringkan Karpet

Karpet dikeringkan dengan dijemur tetapi jangan di bawah matahari langsung karena jika terkena langsung bisa merusak bahan dan memudarkan warna karpet. Sebaiknya dijemur saat matahari sudah teduh atau bisa juga dengan hair dryer, kipas angin , atau gunakan keduanya secara bersamaan agar cepat kering. Mungkin kamu juga bisa menambahkan blower agar lebih cepat kering lagi.

6. Berikan Baking Soda atau Bedak Bayi

Setelah dikeringkan, coba untuk ditaburi baking soda pada karpet tadi. Fungsinya menghilangkan bau tidak enak dari kotoran tadi. Kamu juga bisa menggunakan bedak bayi untuk menetralkan bau tidak enak dari kotoran. Setelah ditaburi tunggu beberapa menit baru kemudian dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda kotoran hewan kucing dari karpet yang mungkin bisa kalian coba di rumah. Semoga cara-cara diatas bisa membantu kamu ya.

Open chat
Hi, Selamat Datang di Smarklin Laundry, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan :