Salah satu cara untuk mempercantik rumah dan pekarangan rumah adalah dengan memasang rerumputan yang hijau dan asri. Anda dapat memanfaatkan rumput sintetis ini untuk mendekorasi rumah dan juga dapat Anda gunakan sebagai tempat bersantai bersama dengan keluarga. Anda bisa memasang rumput asli agar pekarangan rumah terlihat semakin alami dan asri. Selain itu, taman rumah pun akan terlihat lebih cantik karena adanya rumput alami. Akan tetapi, banyak orang yang kesusahan dalam merawatnya, sehingga banyak orang juga yang menggunakan karpet rumput sintetis. Rumput sintetis ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kira-kira apa saja ya kekurangan dan kelebihan dari menggunakan karpet ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Menggunakan Karpet Rumput Sintetis

Berikut ini beberapa kelebihan dalam menggunakan karpet rumput sintetis yaitu sebagai berikut :

1. Hemat Dalam Biaya Perawatan

Kelebihan yang pertama dari penggunaan karpet sintetis yaitu hemat dalam biaya perawatannya. Jika Anda memilih menggunakan karpet ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar dalam merawatnya. Selain itu, Anda bisa menyiram dan memotongnya secara rutin tanpa memanggil tukang kebersihan.

Rumput sintetis ini tidak akan bertambah tinggi, tetapi karpet ini membutuhkan air yang cukup banyak untuk tumbuh. Selain itu, rumput sintetis ini juga tidak membutuhkan pupuk dan pestisida lainnya.

2. Perawatannya Mudah

Kelebihan yang selanjutnya adalah perawatan yang sangat mudah. Bagi Anda yang mempunyai kesibukan dan lain-lain, karpet jenis ini sangat cocok karena perawatannya sangat mudah sekali. Anda tidak perlu membersihkan karpet secara rutin. Selain itu, Anda juga tidak perlu membutuhkan tenaga kebersihan untuk membersihkannya.

3. Menghemat Pemakaian Air

Jika Anda mempunyai tanaman atau tanam yang sangat luas, pasti Anda menyiramnya setiap hari dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, jika Anda menggunakan karpet rumput sintetis, maka Anda dapat menghemat pemakaian air. Hal ini dikarenakan rumput sintetis tidak terlalu banyak dalam menyerap air.

4. Pemasangan Karpet Rumput yang Sangat Fleksibel

Selain tidak membutuhkan cahaya matahari yang cukup, karpet rumput sintetis ini dapat Anda pasang di luar ruangan rumah dan ruang outdoor. Anda dapat menggunakan karpet rumput sintetis ini pekarangan rumah, agar pekarangan rumah Anda terlihat lebih hijau dan lebih segar.

Anda juga bisa memasang karpet rumput ini untuk taman yang berada di dalam rumah atau ruangan yang memerlukan rumput.

Selain mempunyai kelebihan, karpet rumput sintetis ini juga pasti mempunyai kekurangan.

Kekurangan Menggunakan Karpet Rumput Sintetis

Berikut ini beberapa kekurangan dalam penggunaan karpet rumput sintetis yaitu sebagai berikut :

1. Bisa Menjadi Sarang Kuman dan Penyakit

Kekurangan pertama dari karpet ini adalah bisa menyebabkan sarang penyakit. Karpet rumput sintetis ini perlu perawatan yang cukup baik dan harus dibersihkan secara rutin. Jika tidak dirawat secara rutin, maka karpet rumput tersebut akan menjadi sarang kuman dan penyakit.

Anda dapat membersihkan karpet ini dengan menggunakan vacuum cleaner. Apabila ada kotoran yang menempel pada karpet tersebut, sebaiknya segera dibersihkan agar penyakit tidak bersarang dalam rumput.

2. Tidak Memproduksi Oksigen

Kekurangan yang selanjutnya dalam penggunaan karpet ini adalah tidak menghasilkan oksigen. Hal ini dikarenakan rumput sintetis terbuat dari nilon, polypropylene, dan polyethylene. Bahan tersebut tidak akan menghasilkan oksigen yang baik seperti rumput alami. Rumput sintetis ini indah ketika dipandang mata. Akan tetapi rumput ini tidak memproduksi oksigen yang dapat menyejukkan udara.

3. Tidak Tahan Terhadap AIr

Rumput ini jika dipasang dengan menggunakan paku atau dilem, kemungkinan rumput sintetis tersebut mudah lepas karena rumput ini tidak tahan terhadap air. Rumput yang direkatkan dengan menggunakan lem kayu, lama kelamaan juga akan mengelupas jika terkena air secara terus menerus.

4. Warna Rumput Bisa Memudar

Warna rumput karpet ini juga bisa memudar setelah digunakan bertahun-tahun. Hal tersebut dikarenakan bahan material yang digunakan. Selain itu, jika rumput sintetis ini terkena panas cahaya matahari, rumput akan terasa panas dan baunya akan muncul.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kotoran Kucing Dari Karpet

Itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan rumput sintetis. Anda dapat menggunakan karpet ini di pekarangan rumah atau di taman. Hal tersebut akan membuat rumah Anda terlihat lebih hijau dan segar.

Open chat
Hi, Selamat Datang di Smarklin Laundry, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan :