Tanaman karpet aquascape ini lebih dikenal orang dengan sebutan rerumputan. Padahal, jenis aquascape ini mempunyai bentuk yang unik dengan dilengkapi dekorasi aquarium. Dengan menggunakan dekorasi aquarium, aquascape ini akan terlihat semakin cantik dan menyerupai kehidupan bawah laut. Jenis tanaman ini pun semakin banyak dan beragam, dari harga yang murah sampai dengan harga yang paling mahal. Jika Anda adalah seorang pemula, Anda dapat memilih tanaman yang mudah untuk dirawat. Kira-kira jenis tanaman apa saja yang dapat digunakan untuk tanaman karpet aquascape? Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Jenis Tanaman Karpet Aquascape yang Mudah Dirawat

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat Anda pilih untuk karpet aquascape yaitu sebagai berikut :

1. Jungle Vallisneria

Tanaman ini merupakan keluarga dari tanaman Tape Grass. Jenis yang satu ini merupakan tanaman aquascape. Tanaman tersebut dapat Anda gunakan sebagai background plant. Hal ini dikarenakan tanaman jungke vallisneria ini mempunyai daun yang dapat tumbuh menjulang dan memanjang. Tinggi tanaman bisa menjulang hingga keluar aquarium. Selain itu, tanaman yang satu ini dapat digunakan untuk berlindung ikan dengan baik.

2. Giant Hairgrass

Jenis tanaman karpet aquascape yang mudah dirawat selanjutnya adalah tanaman giant hairgrass. Tak hanya itu, aquascape juga mempunyai daun yang memanjang dan hampir menyerupai rumput. Tanaman tersebut mudah menyebar dengan cepat. Selain itu juga bisa menjalar ke atas dan dapat tumbuh hingga 40 cm. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mudah untuk dikembang biakkan dan tidak memerlukan perawatan yang susah. Tanaman Giant hairgrass ini cocok digunakan untuk menutupi pipa, pemanas, dan perangkat yang ada di dalam aquarium.

3. Lilaeopsis

Tanaman jenis aquascape ini lebih dikenal orang dengan sebutan Brazilian Micro Sword. Lilaeopsis ini mempunyai tangkai yang pendek. Sehingga, tanaman ini sangat cocok digunakan untuk karpet aquascape yang bagus. Anda dapat mengkombinasikan aquascape dengan nutrisi, cahaya, dan Co2 yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat mengatur suhu aquascape tersebut di angka 21-23 derajat celcius.

4. Cryptocoryne Wendtii

Jenis tanaman aquascape yang mudah dirawat selanjutnya adalah Cryptocoryne wendtii. Aquascape berasal dari negara Sri Lanka dengan berbagai macam warna. Warna yang ditawarkan antara lain merah, coklat, hijau, dan beberapa warna kombinasi lainnya. Tanaman wendtii ini mentoleransi sinar cahaya dari sinar rendah sampai sinar tinggi. Jenis tanaman yang satu ini sangat cocok digunakan untuk aquarium yang mempunyai ukuran kecil dengan tinggi 10-15 cm. Akan tetapi, jika tanaman ini ditanam diruangan yang terbuka, daun tanaman ini akan membentang luas dan kebawah.

5. Marsilea Minuta

Jenis tanaman ini sangat cocok digunakan untuk jenis aquarium yang menggunakan air tawar. Tanaman minuta ini lebih dikenal karena mempunyai daun yang unik dan cantik. Warna daunnya mempunyai kontras warna yang berpadu dengan baik. Tanaman ini bisa menambah nilai estetika dekorasi aquarium di rumah. Anda bisa menambahkan beberapa elemen kedalam di aquarium, seperti kayu, batu, dan aksesoris lainnya. Agar tumbuhan ini dapat tumbuh secara maksimal, Anda dapat mengatur suhu menjadi 23 sampai 26 derajat.

6. Java Moss

Tanaman aquascape ini merupakan salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh dan mudah untuk dirawat. Java moss ini lebih sering dikenal orang dengan sebutan lumut jawa. Jenis tanaman ini masih dalam satu keluarga dengan tanaman Hypnaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Hal inilah yang membuat tanaman ini dapat tumbuh subur di wilayah yang mempunyai iklim tropis. Selain itu, Anda juga dengan mudah menemukan tanaman yang satu ini di area yang lembab, tepi sungai, dan batang pohon. Tanaman lumut jawa ini paling banyak digunakan untuk karpet aquascape dan dapat menghasilkan tampilan aquarium yang cantik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Karpet Rumput Sintetis

7. Monte Carlo

Tanaman yang satu ini berasal dari Argentina. Jenis tanaman karpet aquascape ini merupakan tanaman karpet yang mempunyai bentuk unik. Selain itu, tanaman tersebut juga mempunyai ukuran yang kecil, sehingga tanaman ini cenderung tumbuh horizontal. Monte Carlo ini dapat tumbuh hingga 3 sampai 5 cm dengan cahaya dan co2 sedang.

Itulah tadi beberapa macam pilihan tanaman karpet aquascape yang mudah untuk dirawat. Anda dapat menggunakan tanaman tersebut untuk mempercantik tampilan aquarium.

Open chat
Hi, Selamat Datang di Smarklin Laundry, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan :