Tidak bisa menyangkal masalah yang sering dihadapi jika Anda mempunyai karpet di rumah adalah cara membersihkannya. Ketika Anda sedang bersantai meminum kopi atau memakan dengan saus kemudian tumpah mengenai karpet lantai Anda. Atau jika ada hewan yang berada di karpet dan menjadi tempat nyaman untuk kotoran hewan.

Berbagai jenis karpet bisa Anda sesuaikan pada ruangan. Mulai dari jenis bahan dan ukuran, Karpet yang biasa diletakan pada ruang keluarga, ruang tamu dan kamar perlu Anda perlu diperhatikan kebersihannya. Karena bahan karpet yang mudah menyerap dan banyak debu yang menempel harus rutin dibersihkan. Jika tidak dibersihkan dalam jangka lama dapat menyebabkan debu menumpuk dan bakteri yang beresiko berbahaya menyebabkan asma.

Karpet menjadi salah satu barang yang rawan bakteri dan sarang penyakit, oleh karena itu Anda harus membersihkannya secara rutin. Membersihkan karpet tidak bisa Anda lakukan sembarangan. Sebab bahan karpet cenderung lebih padat dan mempunyai serat yang padat yang membuat cara mencucinya berbeda dengan mencuci pakaian.

Ingin Mencuci Karpet di Rumah? Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan!

Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan untuk mencuci karpet

Untuk menghilangkan noda, debu dan kuman, yang pertama siapkan alatnya kemudian bahannya seperti berikut

Vacuum Cleaner

Penyedot debu yang serbaguna untuk membersihkan karpet sebagai kebutuhan sehari-hari. Vacuum cleaner mampu mengangkat kotoran dan debu-debu yang menempel kuat pada karpet. Namun alat ini hanya membersihkan bagian permukaan saja tidak sampai serat-serat karpetnya. Pemilik tetap merasa nyaman dan menjaga keawetan karpet.

Menggunakan Sikat

Pasti Anda memiliki sikat di rumah Anda, pastikan sikat yang Anda miliki sikat yang menggunakan serat alami dan bulu yang lembut agar dapat membersihkan karpet tanpa merusak serat karpet. Karena tekanan pada noda yang melekat kuat pada karpet, oleh karena itu menggunakan sikat harus dilakukan hati-hati.

Kain Lap

Untuk membersihkan sisa sabun dengan lap kain bisa menyerap air dengan baik. Dengan adanya kain yang mempunyai daya serap tinggi karpet akan mudah untuk dikeringkan sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Semprotan

Sebelum membersihkan karpet sebaiknya Anda membasahi terlebih dahulu, Anda bisa membersihkan karpet dengan semprotan high pressure. Dengan cara Anda gantungkan karpet terlebih dahulu kemudian semprot pada titik kotoran karpet.

Polisher

Polisher adalah mesin penyikat karpet, jika Anda mempunyai alat ini dirumah maka Anda dapat menggunakan alat satu ini untuk menyikat karpet dengan lebih mudah dan cepat. Mesin ini bekerja secara berputar otomatis dengan cepat, alat ini memudahkan Anda agar tidak menggunakan tenaga besar untuk menyikat karpet secara manual dengan sikat.

Cairan Pembersih untuk Karpet

Seharusnya Anda perlu menyiapkan sabun khusus karpet. Karena cairan pembersih ini agar tidak merusak bahan dari karpet, tidak menghilangkan warna dan membersihkan kotoran dengan baik. Dengan cara campurkan cairan tersebut pada ember yang terisi air kemudian oleskan pada permukaan karpet lalu sikat dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai sisa-sisa sabun bersih, untuk mengeringkan karpet hindari sinar matahari langsung karena akan merusak bahan karpet, lebih baik dijemur ditempat teduh.

Baking Soda

Jika nampak noda membandel pada permukaan karpet Anda. Jangan khawatir, dengan bahan baking soda ini Anda bisa membersihkannya, dengan cara oleskan bubuk ke permukaan karpetĀ  atau tepat di atas noda dan diamkan selama 5 jam. Bersihkan menggunakan vacuum cleaner agar kotoran dari baking soda yang mengeras dapat terangkat.

Cuka

Cairan cuka bisa menghilangkan bau tak sedap untuk karpet Anda. Sebab karpet yang jarang dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap dan jamur di dalam serat, dengan memakai cuka putih caranya mencampurkan cuka dengan air hangat didalam botol semprot dan kocok sampai air nya menyatu. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan karpet sampai mengering.

Garam

Bukan hanya sebagai bahan dapur saja, garam ternyata bisa membersihkan noda karpet. Anda dapat menaburkan garam langsung diatas noda kemudian tunggu beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan air dan gosok pada bekas garam sampai bersih, Lalu cuci dengan cairan pembersih.

Itulah beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan untuk membersihkan karpet.

Sudah seharusnya kita menjaga kebersihkan karpet, Anda juga dapat menjaga kebersihkan karpet dirumah dengan alat dan bahan yang bisa dilakukan dirumah. Semoga membantu.

Open chat
Hi, Selamat Datang di Smarklin Laundry, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan :