Karpet merupakan salah satu cara untuk membuat dekorasi menjadi lebih menarik. Anda bisa menggunakan karpet di ruangan manapun, seperti di ruang tamu, ruang keluarga hingga kamar. kegunaan utama dari sebuah karpet adalah mengurangi kotoran dan debu pada lantai. Selain itu kegunaannya adalah menjadi alas duduk untuk bertamu atau bersantai.

Jika karpet terlalu lama digunakan dan jarang dicuci karpet jadi akan menjadi kotor. Karpet harus sering dibersihkan dan cara merawatnya harus sesuai dengan jenis karpetnya agar tidak menjadi sarang penyakit. Ikuti cara berikut untuk masalah umum pada karpet dan cara menanganinya.

Masalah umum pada karpet dan cara menanganinya

Debu dan Kotoran

Jenis karpet bulu sangat mudah menyimpan debu dan kotoran lainnya yang berada di karpet. Oleh karena itu Anda harus membersihkan karpet selama seminggu sekali dan menjemurnya pada ruangan terbuka atau diangin-anginkan, jangan jemur karpet dibawah sinar terik karena bisa membuat bulu karpet menjadi kasar dan mudah rusak.

Karpet bulu jika hendak saat ingin dijemur letakkan pada ke luar ruangan, angin-anginkan sambil ditepuk-tepuk permukaannya agar semua debu dan kotoran keluar dari karpet. Lalu jemur karpet pada ruangan dengan sirkulasi udara yang aman atau di teras yang tidak terkena sinar matahari langsung. Anda juga bisa menjemurnya di tempat di ruangan tanpa cahaya dan lembab. 

Celah kecil karpet menggunakan vacuum cleaner

Tentu saja menggunakan vacuum cleaner itu sangat mudah untuk membersihkan karpet, salah satunya karpet bulu. Menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang tersisa atau membersihkan sekaligus pada celah kecil di sofa sejenis bulu. Namun, perhatikan cara memakai vacuum cleaner pada karpet dengan mengatur daya sedotan vacuum cleaner tidak terlalu kuat agar bahan dari karpet tidak rusak.

Setelah membersihkan bagian atas permukaan karpet, Anda juga harus menyedot bagian bawah karpet agar semua debu tersedot san bersih.

Bau karpet yang tak sedap

Karena karpet sebagai alas banyak kotoran yang menumpuk dan jatuh pada karpet. Seperti bau tak sedap dari bau rokok, makanan yang tumpah, dan kotoran hewan yang menempel. Cara menangani bau karpet yang tak sedap dengan dua cara.

Pakai bedak bayi. Langkah pertama yaitu menaburkan bedak bayi pada permukaan karpet khususnya bagian yang menjadi sumber bau dan usapkan secara merata. Diamkan sehari sampai bau sudah hilang. Setelah sehari cuci karpet dengan cairan pembersih karpet.

Jamur Karpet

Jamur karpet menyebabkan aroma yang tidak sedap, merusak karpet dan menjadi sarang penyakit.Anda juga perlu periksa pada bagian bawah karpet secara rutin untuk mengurangi pertumbuhan jamur pada karpet. Jamur akan sulit dibersihkan jika mencapai bagian bawah karpet.

Jika jamur sudah mencapai bagian dasar karpet, Anda harus memerlukan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Oleh karena itu pertimbangkan anda harus memanggil pembersih karpet profesional. Alirkan udara kedalam ruangan Anda, buka jendela dan pintu di dalam ruangan yang terdapat karpet Anda. Sebab aliran udara bisa mengurangi pertumbuhan jamur pada karpet dan menghilangkan aroma bau tak sedap pada karpet

Jemur karpet Anda diluar dan digantung di atas jemuran yang kuat. Jemur karpet di bawah sinar matahari selama sehari dapat membunuh jamur dan menghilangkan uap lembab untuk mengurangi pertumbuhan jamur. Memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengeringkan karpet jika air uap sudah meresap bagian belakang karpet dan Biarkan karpet terpapar sinar matahari langsung.

Bersihkan dengan vacuum cleaner untuk menangkap jamur-jamur di dalam serat karpet. Vacuum Cleaner menjadi pilihan yang disukai karena dapat bekerja lebih efektif tetapi cenderung mahal.

 

Warna karpet

Menggunakan karpet terlalu lama membuat warna karpet menjadi memudar warnanya. Karen warna karpet membuat penghuni dan tamu nyaman. Selain itu, noda yang menumpuk pada karpet menjadi penyebab warna karpet Anda memudar. Biasanya jika sudah terjadi hal seperti ini karpet akan kehilangan keindahannya dan kegunaannya sebagai penambah estetika di dalam ruangan rumah. 

Faktor penyebab kedua karena karpet terbuat dari kain yang membuatnya mudah menyerap air, kotoran, minyak, dan tumpahan sisa-sisa bahan makanan di sekitar karpet. Anda juga harus memindahkan posisi karpet secara seminggu atau sebulan. Dengan cara ini agar warna karpet tidak memudar pada bagiannya. Selain menjaga kecerahan warna karpet ada hal yang tidak bisa disepelekan dalam membersihkan karpet. Yuk coba langkah mudah berikut ini

Campurkan teh halus dengan garam, setelah itu aduk sampai halus. Kemudian oleskan campuran tersebut di atas karpet secara merata. Diamkan selama satu jam, lalu sikat dengan air bersih dengan cara yang lembut dan berhati hati sampai bersih.

Berikut ulasan terkait masalah umum kami telah memberikan solusi untuk karpet Anda.

Semoga Bermanfaat.

Open chat
Hi, Selamat Datang di Smarklin Laundry, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan :